Pemkab Aceh Besar Gelar Program Pangan Murah untuk Stabilisasi Harga dan Meringankan Beban Masyarakat

- 11 Juni 2024, 19:00 WIB
Kadis Pangan Aceh Besar Alyadi S.Pi, MM bersama Camat Kuta Cot Glie Zulkifli S.Sos menyerahkan paket sembako secara simbolis pada pangan murah Pemkab Aceh Besar di Gampong Ie Alang, Kecamatn Kuta Cot Glie, Aceh Besar, Selasa (11/6/2024)
Kadis Pangan Aceh Besar Alyadi S.Pi, MM bersama Camat Kuta Cot Glie Zulkifli S.Sos menyerahkan paket sembako secara simbolis pada pangan murah Pemkab Aceh Besar di Gampong Ie Alang, Kecamatn Kuta Cot Glie, Aceh Besar, Selasa (11/6/2024) /Pemkab Aceh Besar/

Kilasaceh.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Besar kembali mengambil langkah konkret dalam menghadapi tantangan inflasi dan stabilitas harga bahan pokok dengan menggelar program pangan murah di Gampong Ie Alang, Kecamatan Kuta Cot Glie, Aceh Besar, pada Selasa, 11 Juni 2024. Kegiatan ini merupakan kerja sama antara Pemerintah Kabupaten Aceh Besar melalui Dinas Pangan dengan Perum Bulog Kanwil Aceh.

Perangi Inflasi, Pemerintah Aceh Besar Siapkan Pangan Murah untuk Masyarakat

Program ini menjadi bagian dari strategi pemerintah dalam menangani inflasi dan menjaga harga bahan pokok agar tetap terjangkau bagi masyarakat. Dalam pernyataannya, Penjabat Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto, SSTP, MM, melalui Kepala Dinas Pangan Aceh Besar, Alyadi S.Pi, MM, menjelaskan bahwa program ini bukanlah yang pertama kali diselenggarakan. Sebelumnya, kegiatan serupa telah dilaksanakan di Gampong Baet Mesjid, Kecamatan Suka Makmur, pada tanggal 3 Mei lalu.

Alyadi menjelaskan bahwa kondisi perekonomian yang tengah diuji saat ini telah mempengaruhi masyarakat, khususnya mereka yang kurang mampu. Inflasi yang terjadi, terutama pada harga bahan pokok, menjadi beban tersendiri bagi rumah tangga. Sebagai respons terhadap fenomena tersebut, Pemerintah Kabupaten Aceh Besar merasa perlu untuk bertindak cepat dengan menggelar program pangan murah.

Tujuan utama dari program ini adalah untuk memberikan kepastian kepada masyarakat bahwa ketersediaan dan harga barang pokok tetap terkendali dan terjangkau. Alyadi menegaskan bahwa persediaan bahan pokok di wilayah tersebut sangat cukup dan aman, dengan harga yang masih terkendali. Program ini juga menawarkan beras premium dengan harga di bawah pasar, memberikan pilihan yang lebih terjangkau bagi masyarakat.

Program Pangan Murah Aceh Besar Turunkan Harga Bahan Pokok

Pj Bupati Aceh Besar melalui Kepala Dinas Pangan Aceh Besar Alyadi S.Pi, MM juga menegaskan bahwa program pangan murah ini merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan meringankan beban ekonomi mereka. Dengan menurunkan harga bahan pokok, diharapkan masyarakat dapat memiliki daya beli yang lebih baik dan lebih terjamin. Selisih harga yang ditawarkan oleh pemerintah dibandingkan harga pasar diharapkan dapat membantu mengurangi beban ekonomi masyarakat.

Selain memberikan manfaat ekonomi, kegiatan ini juga menjadi momen penting untuk memperkuat hubungan silaturahmi antara pemerintah dan masyarakat. Alyadi menekankan pentingnya kehadiran acara seperti ini sebagai wujud nyata dari komunikasi dan keterlibatan langsung antara pemerintah dan rakyat.

Dalam kegiatan pangan murah tersebut, Pemerintah Kabupaten Aceh Besar menyediakan berbagai bahan pokok dengan harga terjangkau. Paket tersebut meliputi beras seberat 5 Kg dengan harga Rp. 50.000, minyak 2 liter seharga Rp. 28.000, gula 2 kg dengan harga Rp. 29.000, dan telur 1 papan dengan harga Rp. 46.000. Selain itu, terdapat juga cabai merah besar seberat 1/2 kg seharga Rp. 26.000, bawang merah seberat 1/2 kg dengan harga Rp. 20.000, serta tepung terigu seberat 1 kg dengan harga Rp. 12.000. Total harga paket yang ditawarkan adalah Rp. 211.000.

Kehadiran sejumlah pejabat dari Dinas Pangan Aceh Besar, Camat Kuta Cot Glie Zulkifli S.Sos, bersama dengan unsur Forkopincam, tokoh masyarakat, dan masyarakat pembeli, menunjukkan dukungan yang kuat terhadap program ini.***

Editor: Anshori


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah