Polri Kirim 7 Polwan ke Arab Saudi untuk Jaga Keselamatan Jemaah Haji

- 11 Juni 2024, 21:45 WIB
Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol Trunoyudo Wisnu Andiko
Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol Trunoyudo Wisnu Andiko /Humas Polda Aceh/

Kilasaceh.com - Dalam upaya untuk menjaga keselamatan dan kenyamanan para jemaah Warga Negara Indonesia (WNI) yang sedang menjalankan ibadah haji di tanah suci, Polri mengirimkan tim khusus yang terdiri dari tujuh polisi wanita (Polwan) ke Arab Saudi. Pengiriman ini merupakan bagian dari tugas dan fungsi Polri dalam memberikan perlindungan kepada jemaah, yang dikenal dengan sebutan Linjam (Perlindungan Jemaah).

Polwan-Polwan Unggulan Polri Terpilih untuk Layani Jemaah Haji di Arab Saudi

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Trunoyudo Wisnu Andiko, menjelaskan bahwa tujuh Polwan yang dikirim berasal dari berbagai unit dan institusi di dalam Polri, seperti Lemdiklat Polri, SSDM Polri, Polda Jawa Tengah, Baharkam Polri, dan Polda Metro Jaya. Mereka telah dipersiapkan dengan baik untuk melaksanakan tugas sebagai Petugas Pelayanan Ibadah Haji (PPIH) di Arab Saudi.

"Pengiriman personel Polri sebanyak tujuh Polwan adalah bentuk nyata dari komitmen Polri dalam melindungi para jemaah WNI yang sedang melaksanakan ibadah haji di tanah suci," ujar Trunoyudo dalam keterangan tertulisnya. Senin, 10 Juni 2024.

Tugas utama Polwan yang dikirim adalah untuk memberikan pelayanan kepada jemaah haji WNI. Salah satu tugasnya adalah mengantar jemaah yang tersesat kembali ke hotel dan memberikan informasi tentang lokasi-lokasi penting di sekitar Masjid, seperti pintu masuk, WC, tempat wudhu, dan area shalat. Mereka juga akan membantu jemaah dalam hal berbelanja, mencari tempat makan, ATM, Money Changer, dan lain sebagainya.

Selain itu, Polwan juga bertugas untuk mengantar jemaah ke raudah, membantu mencarikan kursi roda yang hilang, memberikan pelayanan kesehatan, mengatur dan mengamankan area masuk raudah, serta melakukan tindakan preventif terhadap cuaca panas di antrean raudah. Mereka juga akan membantu jemaah yang sakit kembali ke hotel dan memberikan pertolongan pertama kepada yang membutuhkan.

"Tugas Polwan tidak hanya sebatas memberikan pelayanan, tetapi juga bekerja sama dengan tim kesehatan untuk membantu jemaah yang pingsan, memberikan perawatan kepada jemaah yang kakinya melepuh, dan membantu jemaah lansia yang terpisah di Masjid agar dapat bertemu kembali dengan keluarganya," tambah Trunoyudo.

Selain itu, Polwan juga akan berperan dalam mengoperasikan alat komunikasi jemaah dan memberikan bantuan kepada jemaah yang diamankan oleh petugas keamanan. Mereka akan bekerja keras untuk memastikan bahwa seluruh jemaah haji mendapatkan perlindungan dan pelayanan yang terbaik selama berada di tanah suci.

Polri Kirim Tim Khusus: 7 Polwan Siap Jaga Keselamatan Jemaah Haji di Arab Saudi

Berikut adalah daftar lengkap tujuh Polwan yang berangkat menjadi Petugas Pelayanan Ibadah Haji (PPIH):

1. AKP Niswah Wara Pratidina, Pamin Subbagdayapolwan Baggassus Robinkar SSDM Polri
2. IPTU Rasmawar, Pamin Ur Ren Subbag Renmin Sebasa Lemdiklat Polri
3. Brigpol Restu Fitri Adryan, Bhaminlak Baglekdik Rodalpers SSDM Polri
4. IPTU Erny Setyawati, Ps Pamin Subbagsiunlurja Bagkhirdin Rowatpers SSDM Polri
5. Briptu Diah Kumalasari, Bhaminlak Polda Jateng
6. IPTU Ruli Diani, Ps Paur Sifaswasjaspam Ditpotmas Baharkam Polri
7. IPTU Elfi Ryany, Ditreskrimum Polda Metro Jaya

Halaman:

Editor: Anshori


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah