Polri Amankan Tiga Venue Utama World Water Forum 2024 di Bali

- 20 Mei 2024, 11:45 WIB
Karopenmas Divisi Hums Polri Brigjen Pol. Trunoyudo Wisnu Andiko
Karopenmas Divisi Hums Polri Brigjen Pol. Trunoyudo Wisnu Andiko /Humas Polda Aceh/

Kilasaceh.com - Polri memastikan pengamanan maksimal di tiga venue utama World Water Forum (WWF) yang berlangsung hari ini di Bali. Dengan agenda pembukaan di Bali International Convention Center (BICC), acara ini menjadi fokus utama dari upaya pengamanan yang dilakukan oleh Polri.

Sterilisasi Venue dan Pengawalan Delegasi, Persiapan Polri untuk World Water Forum 2024

Brigjen Pol. Trunoyudo Wisnu Andiko, Karopenmas Divisi Humas Polri, menjelaskan bahwa Kapolri bersama pejabat Ops Puri Agung 2024 serta Kapolda Bali memantau secara langsung jalannya acara pembukaan dari Posko Command Center 91 yang berlokasi di ITDC. "Hari ini, tepatnya 20 Mei 2024, adalah kegiatan Opening Ceremony yang ada di lingkungan ITDC. Persiapannya adalah saat ini kami dari posko ITDC bisa memonitor. Bapak Kapolri beserta pejabat dari Ops Puri Agung dan Bapak Kapolda (Bali) sedang melakukan pengawasan, monitoring, dan pengendalian dari posko Command Center 91 di ITDC," terang Brigjen Trunoyudo pada Senin pagi, 20 Mei 2024.

Polri telah mengamankan tiga venue utama untuk WWF ini, yaitu BICC, Hotel Grand Hyatt, dan Bali Nusa Dua Convention Center. Berbagai persiapan pengamanan telah dilaksanakan, termasuk Tactical Floor Game, Latpraops, hingga sinergi dengan TNI serta stakeholder lainnya. Pengamanan ini sangat penting mengingat acara ini dihadiri oleh perwakilan dari 43 negara, termasuk kepala negara, pemerintah, menteri, partisipan, serta empat organisasi internasional.

"Perlu diketahui dari 43 negara yang dipersiapkan, baik dari kepala negara, pemerintah, kemudian juga menteri, partisipan, dan juga ada empat organisasi internasional," ujar Brigjen Trunoyudo.

Polri Siapkan 242 Personel untuk World Water Forum di BICC

Untuk memastikan kelancaran acara, Polri telah menyiapkan 242 personel khusus yang bertugas mengamankan agenda utama WWF hari ini. Mereka akan bertugas mulai dari persiapan upacara pembukaan, selama upacara berlangsung, hingga agenda selesai pada hari ini.

Sebagai bagian dari persiapan, Brimob bersama Detasemen K9 telah melakukan sterilisasi di venue-venue yang akan digunakan. Selain itu, ada pengamanan berlapis serta pengawalan bagi para delegasi hingga ke lokasi upacara pembukaan. Brigjen Trunoyudo menjelaskan bahwa pengamanan tersebut dilakukan dengan sangat ketat dan melibatkan berbagai lapisan keamanan.

"Tadi kami sampaikan dari Paspampres untuk ring 1, kemudian TNI di ring 2, dan Polri serta stakeholder lainnya ada di ring 3. Tentunya ini menjadi kebanggaan bagi Indonesia, event yang betul-betul menjadi kepercayaan dunia internasional," kata Brigjen Trunoyudo.

WWF 2024 di Bali menjadi momen penting bagi Indonesia dalam menunjukkan kemampuannya menyelenggarakan acara berskala internasional dengan aman dan lancar. Kepercayaan dunia internasional terhadap Indonesia dalam menyelenggarakan forum ini diharapkan dapat memberikan dampak positif, baik dari segi diplomasi maupun ekonomi.

Brigjen Trunoyudo juga mengapresiasi partisipasi dan kerjasama seluruh elemen masyarakat dalam mendukung acara ini. "Kami juga menghimbau terima kasih, apresiasi, dan partisipasi dengan turut serta, kearifan lokalnya juga ikut serta berpartisipasi serta seluruh elemen masyarakat," tambahnya.

Halaman:

Editor: Anshori


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah