Panduan Lengkap Merawat Baterai HP agar Tetap Awet dan Tahan Lama

- 20 Mei 2024, 14:00 WIB
Ilustrasi baterai Handphone
Ilustrasi baterai Handphone /pexels.com/Tyler Lastovich

Kilasaceh.com - Dalam era di mana handphone telah menjadi bagian penting dari kehidupan sehari-hari, menjaga agar baterai handphone tetap awet dan tahan lama menjadi sangat penting. Baterai yang sehat tidak hanya memperpanjang umur perangkat, tetapi juga memastikan kinerja handphone tetap optimal. Namun, banyak pengguna yang belum menyadari bahwa merawat baterai handphone dengan benar dapat membuat perbedaan besar dalam masa pakai dan kinerja baterai.

Tips Hemat Baterai HP: Memperpanjang Umur dan Kinerja Optimal

1. Hindari Pengisian Daya Berlebihan

Meninggalkan handphone terhubung ke charger lebih lama dari yang diperlukan merupakan kesalahan umum yang sering dilakukan. Overcharging dapat merusak baterai, mengurangi umur baterai, dan bahkan dapat berpotensi membahayakan keselamatan. Sebisa mungkin, hindari mengisi daya hingga 100 persen dan cabut charger setelah baterai terisi penuh.

2. Jaga Siklus Pengisian Daya

Banyak yang masih percaya bahwa mengisi daya baterai semalaman akan merusak baterai. Namun, sebagian besar handphone modern telah dilengkapi dengan sistem pengisian otomatis yang menghentikan pengisian saat baterai mencapai penuh. Sebagai gantinya, isi daya handphone saat baterai mencapai sekitar 40 persen dan cabut kabel saat mencapai sekitar 80 persen untuk menjaga siklus pengisian baterai.

3. Gunakan Mode Hemat Baterai

Mode hemat baterai atau battery saving mode merupakan fitur yang berguna untuk mengurangi konsumsi daya handphone. Fitur ini membatasi kinerja perangkat dan menonaktifkan fitur yang tidak diperlukan, sehingga dapat memperpanjang masa pakai baterai. Aktifkan mode hemat baterai saat diperlukan, terutama saat baterai sedang diisi daya untuk mempercepat proses pengisian.

4. Hindari Penggunaan Saat Mengisi Daya

Menggunakan handphone saat sedang diisi daya dapat meningkatkan suhu baterai, yang dapat merusak baterai dan mempercepat degradasi. Hindari penggunaan handphone saat di charge, terutama untuk aktivitas yang membutuhkan daya tinggi seperti bermain game atau menonton video.

Halaman:

Editor: Anshori


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah